• Sabtu, 29 Januari 2022

Rekomendasi 5 Destinasi Gunung di Indonesia, Cocok bagi Pendaki Pemula

- Minggu, 8 November 2020 | 22:04 WIB
gunun
gunun

Jakarta, Indikatornews.com Mendaki gunung suatu aktivitas yang digemari masyarakat Indonesia, khususnya kalangan remaja atau pekerja yang memilih wisata alam untuk keluar dari rutinitasnya. Entah sekedar ikut-ikutan atau memang menjadi hobi, ada kebanggaan tersendiri bagi si pendaki ketika bisa mencapai puncak gunung yang dijelajahi. Untuk mendaki sebuah gunung bukanlah hal yang mudah. Medan yang berat bahkan kerap kali diterjang cuaca ekstrem pegunungan menjadi sebuah tantangan yang harus dilewati. Oleh karena itu, bagi pendaki pemula dianjurkan untuk melakukan latihan terlebih dahulu di gunung-gunung yang pendek atau tidak terlalu tinggi. Nah, berikut ini rekomendasi gunung yang bisa dijelajahi pendaki pemula  
  1. Gunung Abang
Gunung berikutnya yang cocok dikunjungi adalah Gunung Abang. Gunung ini memiliki jalur pendakian bernama Jalur Songan. Jalur tersebut terbilang jalur pendakian paling panjang di Bali karena memiliki jalur horizontal. Terdapat jalur lain yang bisa kamu lalui yaitu Jalur Desa Suter. Ketinggian gunung ini yaitu 2.151 mdpl. Bagian bawah gunung terdapat Danau Batur yang konon merupakan sumber air untuk masyarakat suku Bali aga. Daya tarik gunung ini yaitu kamu bisa melihat pepohonan hijau yang merata dan menyelimuti gundukan pasir.
-
  1. Gunung Andong
Gunung yang memiliki ketinggian 1.726 mdpl ini terletak di Magelang, Jawa Tengah. Pendakiannya memakan waktu 1,5 sampai 2 jam. Dari puncak, pendaki dapat melihat Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Prau, Ungaran, Telomoyo, perbukitan yang membentang serta panorama Kota Magelang.
-
  1. Gunung Papandayan
Gunung Papandayan terletak di wilayah Garut, Jawa Barat. Memiliki ketinggian 2.265 mdpl, Gunung Papandayan adalah salah satu gunung favorit untuk pemula. Akses transportasi umum untuk menuju titik pendakian cukup mudah dan banyak. Gunung Papandayan juga merupakan gunung yang mempunyai banyak kawah seperti Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Tidak ketinggalan di gunung ini juga terdapat padang Edelweis luas yang dikenal dengan nama Tegal Alun. Namun, berdasarkan aturan setempat, dilarang memetik bunga Edelweis demi kelestarian bunga langka tersebut.
-
  1. Gunung Prau
Gunung Prau ini adalah salah satu gunung dengan puncak terluas di Indonesia. Tidak heran kalau Gunung Prau yang terletak di Dieng, Jawa Timur ini menjadi tempat favorit pecinta alam untuk berkemah sambil menanti matahari terbit yang menawan. Saat cuaca cerah, dari kejauhan akan terlihat puncak gunung Sindoro-Sumbing serta gunung Merapi dan Merbabu dari puncak Gunung Prau. Untuk menuju puncak, jalur pendakian Gunung Prau tersingkat yang bisa dilewati adalah dari base camp Desa Patak Banteng, Dieng. Selama kurang lebih tiga jam perjalanan, anda akan menginjakkan kaki di puncak Gunung Prau yang memiliki ketinggian 2.565 mdpl tersebut.
-
  1. Gunung Batur
Gunung api yang masih aktif ini terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Ketinggiannya yakni 1.717 mdpl dan cukup memakan waktu 2,5 jam untuk pendakian. Walaupun tergolong pendek, Gunung Batur dikenal sebagai salah satu gunung di Indonesia yang memiliki kaldera terluas. Gunung ini juga menyuguhkan keindahan Danau Batur berlatarbelakang Gunung Abang dan Gunung Rinjani.
-
(Nandi Galuh)

Editor: Wartawan Online

Terkini

Pantai Ora, Surga Tersembunyi di Indonesia Timur

Senin, 14 Desember 2020 | 19:27 WIB

Pesona Air Terjun Sidoharjo, Yogyakarta

Selasa, 24 November 2020 | 19:25 WIB

Bukit Klangon, Spot Wisata Indah Dekat Gunung Merapi

Selasa, 24 November 2020 | 19:19 WIB

Pantai Karang Bolong, Wisata Unik Dekat Ibu Kota

Selasa, 17 November 2020 | 20:31 WIB

keindahan Air Terjun Coban Rondo Malang

Rabu, 11 November 2020 | 19:59 WIB

Pesona Sikarim, Air Terjun tersembunyi di Wonosobo

Rabu, 11 November 2020 | 19:57 WIB

Eksotisme Candi Arjuna, Dieng

Rabu, 4 November 2020 | 19:07 WIB
X