• Senin, 18 Oktober 2021

Raperda Rencana Induk Kepariwisataan, Pariwisata yang Terintegrasi dengan Multiplayer Efek

- Jumat, 20 Agustus 2021 | 16:30 WIB

 

Tasikmalaya, Indikatornews.com

Sektor pariwisata Kabupaten Tasikmalaya yang potensial dan beragam ; wisata alam, religi dan budaya perlu dibangun dan dikembangkan sehingga menjadi daya guna dan dapat mendongkrak tingkat ekonomi masyarakat dan sumber daya daerah.

Untuk itu, DPRD Kabupaten Tasikmalaya mendukung upaya pemerintah menyiapkan perangkat hukum yang menjadi dasar pijakan pembangunan dan pengembangan potensi wisata di daerah khususnya potensi unggulan dan layak untuk dikembangkan dengan tetap memperhatikan kearifan lokal sehingga tidak berbenturan dengan nilai-nilai yang berlaku.

 

“Adanya rencana induk pariwisata, pariwisata yang dikelola desa, Perhutani dan pemerintah akan terintegrasi dan semua diarahkan pada pengembangan sektor pariwisata yang multiplayer efek,” jelas Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al Ayubi, SP usai Pemandangan Umum Fraksi-fraksi terhadap tiga buah Raperda, kamis (19/8/2021).

Hal ini, terang Asep Sopari dapat berdampak bukan hanya pada Pendapatan Asli daerah (PAD) tapi juga pada nilai ekonomi masyarakat ; dapat berjualan, pelayan/guide pariwisata, penyedia jasa seperti homestay dan tumbuhnya pusat perekonomian baru karena ada transaksi (oleh-oleh/souvenir, kerajinan dan lainnya).

“Dapat mensejahterakan masyarakat sekitar dan menambah nilai ekonomi,” jelasnya.

Namun, Dia berharap sektor pariwisata tidak menjadi sebuah industri yang ‘kebablasan’ dengan memenuhi syarat pembangunan kepariwisataan, salah satunya dengan mengusung atau mengedepankan kearifan lokal dan memperhatikan nilai-nilai atau norma yang berlaku di masyarakat. @ Ayi Darajat

Editor: Nika Rakasiwi

Tags

Terkini

KADISPOTMARAL BUKA PERKEMAHAN PELANTARA-10 TA 2021

Selasa, 5 Oktober 2021 | 21:07 WIB

DANLANTAMAL VIII TERIMA KUNJUNGAN KADISPOTMARAL

Selasa, 5 Oktober 2021 | 21:02 WIB

MALAM APRESIASI IKANO UNPAD 2021

Minggu, 3 Oktober 2021 | 20:47 WIB

Terpopuler

X