• Senin, 18 Oktober 2021

Jadilah Notaris Yang Handal dan Beretika

- Sabtu, 26 Juni 2021 | 20:37 WIB
WhatsApp Image 2021-06-26 at 20.13.58
WhatsApp Image 2021-06-26 at 20.13.58

Bali, Indikatornews.com Notaris sebagai Pejabat Umum masyarakat di belahan dunia manapun, dituntut memiliki nilai-nilai dasar perilaku yang secara umum diakui sebagai norma yang harus dipatuhi, selain peraturan atau norma hukum. Norma tersebut biasa disebut etika. Etika dalam arti sempit sering dipahami masyarakat sebagai sopan santun. Sedangkan etika secara umum atau luas adalah suatu norma atau aturan yang dipakai sebagai pedoman dalam berperilaku di masyarakat bagi seseorang terkait dengan sifat baik dan buruk. Dengan kata lain, etika adalah arah penentu moral, maka kewajiban dan tanggungjawab moral setiap Notaris dalam berperilaku baik di masyarakat untuk senantiasa menjaga harkat dan martabat jabatannya. Sebagaimana ditegaskan oleh Ketua Umum PP INI, Yualita Widyadari SH MKn, pada hari ini (Sabtu, 26/6/2021) saat menghadiri pembukaan Ujian Kode Etik Notaris Tahun 2021 yang dilaksanakan di Hotel Grand Inna Bali Beach, Bali, yang diselenggarakan oleh Pengurus Wilayah Bali Ikatan Notaris Indonesia.
-
Penyerahan Hasil Uken Dari Tim Pengawas Kepada PP INI Yualita berharap, dihadapan para peserta Uken, bahwa merekalah yang kelak mengantikan kami semua sebagai Notaris. Untuk itu, jagalah organisasi dan juga harkat martabat jabatan Notaris, maka dari itu jadilah Notaris yang handal dan menjaga etika profesi. Pembukaan Ujian Kode Etik Notaris ini dihadiri oleh sejumlah Pengurus INI Pusat, Ketua Pengwil Bali INI I Wayan Muntra.SH .MKn , anggota MPW Bali, Anggota MKn bali serta peserta ujian kode etik yang diikuti oleh 68 orang peserta, tapi belakangan ada satu peserta yang sakit jadi jumlah peserta yang hadir menjadi 67 orang peserta.
-
Tim Penguji Foto Bersama Dalam sambutannya Ketua Umum PP INI, Yualita Widyadari. SH, MKn juga mengharapkan doa restunya dari seluruh peserta karena insyaallah tanggal 1 Juli nanti INI (Ikatan Notaris Indonesia) akan berulang tahun ke 113 dan akan kita tandai dengan pembangunan gedung pusat prndidikan dan pelatian serta sekertariat INI, “Dikarenakan usia perkumpulan sudah ke 113 tahun ini belum memiliki kantor pusat, tentunya Kita berfikir tantangan kalian kedepan juga berat sekali. Lalu bagaimana organisasi bisa menyiapkan kader-kader ke depan untuk INI dan Notaris bisa tetap dihargai baik oleh masyarakat maupun oleh Pemerintah,” terang Yualita. .
-
I Wayan MuntraSH. MKn dan I Gede Semester.SH sebagai Ketua dan sekretaris Pengwil INI Bali Lebih lanjut Yualita menegaskan bahwa salah satu hal yang kita lakukan adalah dengan mendirikan kantor pusat yang ruanya bisa buat pelatihan. INI ingin akan mengadakan pelatihan secara berkala, baik untuk notaris ataupun untuk ALB dengan bekerjasama dengan Penga-Pengda. “Disitu kita akan menunjukan kepada Pemerintah dan kepada masyarakat bahwa INI itu mengalami suatu pertumbuhan yang betul-betul membina anggotanya untuk terus mengupdate keilmuan. Dan kita menunjukan bahwa kita Notaris yang bermartabat dan bisa memberikan manfaat bagi kontribusi bagi masyarakat. Untuk itu lima tahun, 10 tahun atau 15 tahun kedepan agar jabatan Notaris tetap di hargai,” tegas Yualita mengakhiri sambutannya. (Pramono)
-

Editor: Wartawan Online

Terkini

KADISPOTMARAL BUKA PERKEMAHAN PELANTARA-10 TA 2021

Selasa, 5 Oktober 2021 | 21:07 WIB

DANLANTAMAL VIII TERIMA KUNJUNGAN KADISPOTMARAL

Selasa, 5 Oktober 2021 | 21:02 WIB

MALAM APRESIASI IKANO UNPAD 2021

Minggu, 3 Oktober 2021 | 20:47 WIB

Terpopuler

X