• Rabu, 8 Desember 2021

Ketua DPR RI Sempatkan Ziarah Ke Makam Sang Ayah

- Senin, 26 Februari 2018 | 03:49 WIB
IMG-20180226-WA0009
IMG-20180226-WA0009

Di tengah kesibukannya sebagai Ketua DPR RI di dua kunjungannya di Semarang, Jawa tengah dan Jogyakarta, Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo menyempatkan waktu mengunjungi makam Ayahandanya, S.E Prijono di pemakaman Joyokusomo, Dukuh Margosari. Susukan, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (24/2). "Dari dulu sesibuk apa pun, saya pasti akan sempatkan waktu untuk berziarah mengunjungi makam ayah saya. Apalagi, walaupun saya lahir dan besar di Jakarta, sangat banyak kenangan sewaktu kecil di Desa Margosari ini yang merupakan kampung halaman ayah saya," papar Bamsoet. Bamsoet mengungkapkan, semasa hidupnya sang tak pernah menuntut dirinya mengikuti jejak sang ayah sebagai tentara, ataupun memintanya menjalani profesi tertentu. Sepeninggal sang ayah, 6 Januari 1977 silam, Ibunda tercinta juga membebaskan Bamsoet memilh jalan hidup.
-
Sedari kecil Bamsoet memiliki cita-cita menjadi dokter. Karenanya, saat SMA Bamsoet mati-matian masuk IPA. Tapi, selepas lulus SMA ternyata ayah delapan anak ini justru masuk Fakultas Ekonomi, lanjut berkarir menjadi wartawan, pengusaha, dan sekarang menjadi politisi. "Sejak kecil saya dibebaskan mau memilih karir apapun. Terus terang saya tidak memiliki cita-cita muluk menjadi pejabat negara. Semuanya mengikuti takdir Allah dan garis tangan," ungkap Bamsoet. Berlatar belakang tentara, mendiang sang ayah juga selalu menanamkan nilai kedisiplinan, tanggung jawab, kerja keras, kejujuran dan keberanian kepada Bamsoet dan seluruh anggota keluarga. Nilai-nilai tersebut selalu dipegang Bamsoet dalam mengarungi kehidupan selepas ayahanda pergi menghadap Sang Khalik. "Dalam semua profesi yang saya jalani, nilai-nilai yang dulu ditanamkan Ayah selalu saya pegang tinggi dan menjadi pegangan dalam mengarungi kehidupan," jelas Bamsoet.
-
Diakuinya, ziarah ke makam ayahanda, Bamsoet mengaku merasakan kedamaian. Ia juga menyadari bahwa kehidupan di dunia hanyalah sementara. Ia berharap jika kelak menghadap Tuhan YME, bisa dipertemukan dengan ayah tercintanya. “Ziarah ke makam menyadari bahwa kehidupan di dunia hanya sementara, kehidupan di akhiratlah selamanya. Karena itu saya selalu mengajarkan kepada anggota keluarga berbagai nilai kebaikan yang dulu pernah diajarkan Ayah kepada saya. Insya Allah, kelak kami sekeluarga bisa kembali dipertemukan di Surga. Amin,"senyum Bamsoet yang pada kesempatan itu ikut ditemani oleh sang bunda, isteri dan putra-putrinya. (Clara)

Editor: Clara

Tags

Terkini

Pra Rapat Kadin Bidang Perdagangan Bersama

Selasa, 16 November 2021 | 16:38 WIB
X