Kasihan Lutfi, Konyol Kalau Mundur, Seharusnya Angkat Wamen Untuk Pengawasan

- Kamis, 21 April 2022 | 07:32 WIB
Siswaryudi Heru
Siswaryudi Heru

 

Indikatornews.com

Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Mendag) M Lutfi sepertinya sedang babak belur, dengan adanya kasus dugaan korupsi mafia minyak goreng atau migor.  

Karena itu, Presiden Joko Widodo perlu mempertimbangkan untuk mengangkat Wakil Menteri (Wamen) dalam kerja-kerja pengawasan di Kementerian Perdagangan. 

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komite Tetap Pengembangan Pasar Ekspor Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Siswaryudi Heru meresponi banyaknya serangan terhadap Menteri Perdagangan (Mendag) M Lutfi terkait kasus dugaan korupsi mafia migor yang sedang dibongkar oleh Kejaksaan Agung. 

Sekelas Direktur Jenderal (Dirjen) telah ditetapkan sebagai Tersangka dan lalu ditahan oleh Jaksa. 

“Kasihan Mendag Lutfi. Banyak serangan yang ditujukan kepadanya. Termasuk adanya desakan-desakan untuk mengundurkan diri dari kursi Menteri. Itu konyol banget nyuruh mundur. Mendag ini sedang babak belur, padahal semua itu bukanlah karena tindakan M Lutfi sebagai Menteri. Kok dia yang bertanggung jawab? Saya kira, pengawasannya yang perlu diperketat. Karena itu, sebaiknya Presiden mempertimbangkan untuk mengangkat Wakil Menteri Perdagangan, untuk melakukan kerja-kerja efektif pengawasan,” tutur Siswaryudi Heru, di Jakarta, Kamis (21/04/2022). 

Menurutnya, adanya desakan sejumlah elemen masyarakat yang meminta M Lutfi mundur saja dari Menteri Perdagangan, rasanya kurang tepat. 

Sebab, lanjut Siswaryudi Heru, tahun-tahun ini sudah tidak efektif melakukan pergantian Menteri. Jika mengganti Menteri, maka dikhawatirkan akan kembali ke nol lagi pelaksanaan tugas-tugas di Kemendag. 

“Desakan-desakan untuk meminta Mendag mundur itu saya kira diakibatkan karena banyak yang hendak mengambil posisi Mendag itu buat kepentingan 2024,” ujarnya. 

Halaman:

Editor: Nika Rakasiwi

Tags

Terkini

DPD Hipakad Jateng Sambut Baik Putusan PTUN Jakarta

Minggu, 13 Maret 2022 | 20:44 WIB

Terpopuler

X