Urusan Minyak Goreng "Digoreng-goreng" Mendag M Lutfi Jadi "Kambing Hitam" Sendirian

- Rabu, 23 Maret 2022 | 20:53 WIB

Kegagalan mengatasi kelangkaan minyak goreng adalah tanggung jawab Bidang Perekonomian bersama Pemerintah Daerah atau Pemda.  

Tidak serta merta kondisi ini ditimpakan sendirian kepada Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi. 

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komite Tetap Pengembangan Pasar Ekspor Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Siswaryudi Heru, dengan melihat perkembangan kondisi penanganan kelangkaan minyak goreng belakangan ini. 

Menurut dia, yang paling bertanggung jawab atas kondisi ini adalah Menko Perekonomian bersama para Pemerintah Daerah. 

“Kita melihat Menteri Perdagangan M Lutfi seperti jadi korban sendirian. Dijadikan bulan-bulanan dan malah jadi ‘kambing hitam’ atas kelangkaan minyak goreng ini sendirian. Ini kan seharusnya tanggung jawab bersama bidang perekonomian dan Pemerintah Daerah,” tutur Siswaryudi Heru, di Jakarta, Rabu (23/03/2022). 

Siswaryudi Heru yang juga Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) ini menyebut, peran dan tanggung jawab Kementerian Perekonomian harusnya diperjelas dalam case ini. 

Sebab, sektor perekonomian itu kan bukan hanya Menteri Perdagangan. “Ada sejumlah kementerian terkait, ada kementerian perindustrian, ada soal keuangan, ada soal lahan sawit di kementerian pertanian, dan juga ada Pemerintah Daerah,” jelas Siswaryudi Heru. 

Siswaryudi Heru menjelaskan, menelisik Undang-Undang Pangan, juga jelas sekali tugas dan tanggung jawab Pemerintah Daerah dalam urusan-urusan ketersediaan kebutuhan masyarakat. 

“Jadi, terkait kelangkaan minyak goreng itu, ada kewajiban dan tanggung jawab bersama. Juga ada ketentuannya di Undang-Undang Pangan. Tidak seharusnya saling menyalahkan. Menko Perekonomian seharusnya berada di barisan terdepan mengambil tanggung jawab ini. Jangan biarkan Menteri Perdagangan jadi kambing hitam dan bulan-bulanan sendirian begitu dong,” terang Siswaryudi Heru. 

Halaman:

Editor: Nika Rakasiwi

Tags

Terkini

DPD Hipakad Jateng Sambut Baik Putusan PTUN Jakarta

Minggu, 13 Maret 2022 | 20:44 WIB

Terpopuler

X