• Jumat, 21 Januari 2022

Tempat Wisata Dengan Tingkat Kecelakaan Tinggi

- Selasa, 21 Desember 2021 | 17:10 WIB

Indikatornews.com 

Di suatu tempat wisata tentu saja bisa terjadi hal-hal yang tak terduga seperti kecelakaan di tempat wisata tersebut. Dan, inilah salah satu tempat wisata di Guntur yang sering terjadi kecelakaan juga mempunyai tingkat kecelakaan yang tinggi.

GUNUNG GUNTUR

Gunung Guntur adalah gunung berapi kerucut aktif yang terdapat di Kelurahan Pananjung dan Desa Pasawahan, Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat, dan memiliki ketinggian 2.249 meter dpl. Gunung Guntur pernah menjadi gunung berapi paling aktif di Pulau Jawa pada dekade 1800-an. Kemiringan di gunung guntur bervariasi antara 2 derajat hingga 75 derajat. Gunung Guntur sendiri mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Gunung Guntur umunya berpasir sehingga tidak banyak ditumbuhi tanaman dan tampak gersang. Sebagian kawasan banyak ditumbuhi dengan ilalang dan terlihat seperti padang savana.

Dan ini adalah beberapa kecelakaan yang pernah terjadi di Gunung Guntur :

  1. Sejumlah pendaki di Gunung Guntur, Kabupaten Garut, Jawa Barat, tertimpa reruntuhan batu berukuran besar. Akibatnya, mereka harus dirawat di rumah sakit terdekat kota itu, Minggu (8/11/2015).

    M Gibran (14) hilang misterius saat mendaki Gunung Guntur Garut. Bocah pendaki ini pergi bersama bersama temannya ke gunung tersebut.

 

Selain itu puncak gunung guntur sering terjadi kecelakaan yang mengakibatkan korban luka luka. Kejadian tersebut terjadi karena trek berbatuan dan pasir yang terlalu extream dan licin, yang mengakibatkan banyak pendaki terjatuh dan terguling pada saat mendaki puncak atau turun dari puncak.


Dengan adanya kecelakaan dan masalah tersebut inilah beberapa solusi yang bisa diberikan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan atau masalah di gunung Guntur :

  1. Pendaki yang ingin memuncak atau summit diharuskan atau diwajibkan membawa tracking pole
  2. Harus ada pantauan lebih dari volunteer gunung atau penjagaan dari setiap pos
  3. Setiap pendaki diharuskan kerja sama atau kekompakan dalam satu tim

Namun untuk tempat penanganan atau pertolongan pertama, biasanya di lakukan oleh rekan pendakian, bila terjadi sesuatu atau luka kecil bisa ditangani dengan menggunakan kotak p3k yang selalu dibawa oleh pendaki dan bila terjadi sesuatu yang membahayakan korban, salah satu rekan sependakian harus memanggil volunteer yang terdapat dipos 3 atau camping ground untuk membantu menghubungi tim SAR.

Halaman:

Editor: Nika Rakasiwi

Tags

Terkini

Tempat Wisata Dengan Tingkat Kecelakaan Tinggi

Selasa, 21 Desember 2021 | 17:10 WIB

Tempat Wisata Dengan Tingkat Kecelakaan Tinggi

Selasa, 14 Desember 2021 | 19:53 WIB

Terpopuler

X