• Jumat, 21 Januari 2022

Kadin: Indonesia Harus Rebut Kembali Pasar Ekspor Dunia

- Rabu, 1 Desember 2021 | 11:54 WIB

 

Indikatornews.com

Selama pandemi Covid-19 melanda hampir seluruh belahan Dunia, Indonesia mengalami ketertinggalan yang sangat jauh dari Vietnam dan Thailand untuk menguasai Pasar Ekspor.

Untuk mengejar kekalahan langkah dan cara, Indonesia harus melakukan upaya yang massif, cerdas dan tepat sasaran. Indonesia harus merebut kembali pangsa pasar ekspor dunia.

Wakil Ketua Komite Tetap Pengembangan Pasar Ekspor Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Siswaryudi Heru menyebut, untuk ekspor ikan tuna saja, Indonesia sudah ketinggalan teramat jauh dari Vietnam dan Thailand.

Saat ini, Vietnam dan Thailand menguasai pangsa pasar ekspor ikan tuna. Padahal, Indonesia memiliki laut yang sangat luas, dengan ikan tuna yang sangat melimpah ruah.

“Negara Vietnam dan Thailand itu sudah melejit menguasai pasar ekspor ikan tuna. Padahal, ikan-ikan tuna mereka itu juga berasal dari Laut Natuna, dari wilayah Indonesia. Indonesia harus berupaya merebut kembali pangsa pasar ekspor itu,” tutur Siswaryudi Heru, di Jakarta, Rabu (01/12/2021).

Siswaryudi Heru yang juga Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) ini menyebut, sebenarnya dari sektor perikanan dan kelautan saja, Indonesia bisa mendatangkan devisa yang sangat besar bagi Negara.

Saat ini, lanjut Siswaryudi Heru, untuk target terbesar pasar ekspor ikan tuna adalah China dan Jepang. Jika Indonesia bisa merebut kembali pangsa pasar ekspor itu, menurutnya, maka perekonomian Indonesia yang sedang mengalami kesulitan berat karena diterpa pandemi Covid-19 ini pastinya akan bangkit dan pulih kembali.

“Mengapa Vietnam dan Thailand bisa? Ya Indonesia harus bisa juga dong. Kita setuju bahwa pengembangan ekspor harus digenjot. Target berjalan, untuk eksekusi ekspor tahun 2022 adalah setelah Imlek,” ujar Siswaryudi Heru.

Halaman:

Editor: Nika Rakasiwi

Terkini

Tempat Wisata Dengan Tingkat Kecelakaan Tinggi

Selasa, 21 Desember 2021 | 17:10 WIB

Tempat Wisata Dengan Tingkat Kecelakaan Tinggi

Selasa, 14 Desember 2021 | 19:53 WIB

Terpopuler

X