• Minggu, 24 Oktober 2021

MUSIM HUJAN TELAH TIBA, SRUPUT 4 JENIS MINUMAN TRADISIONAL YANG DAPAT MENGHANGATKAN TUBUH

- Senin, 2 November 2020 | 19:39 WIB
minuman tradisional
minuman tradisional

Indikatornews.com Badan meteorologi, klimatologi, dan geofisika (BMKG) memperkirakan bahwa musim hujan akan tiba pada awal bulan Oktober 2020 hingga Mei 2021. Oleh karna itu, masyarakat harus waspada terhadap potensi hujan dan harus bersiap diri dari segi ketahanan tubuh, apalagi di tengah pandemi stamina imun tubuh tidak boleh down. Di musim seperti ini, hawa yang dingin dapat membuat kita ingin berdiam diri di dalam rumah, bermalas-malasan di atas kasur. Ada kalanya pun kita juga berkumpul di luar rumah bersama teman, sahabat, ataupun keluarga besar. Dengan cuaca seperi ini, maka kita perlu menyeruput minuman yang dapat menghangatkan tubuh bersama, sehingga ngobrol pun asik. Berikut 4 minuman tradisional yang cocok disruput saat musim hujan :
  1. SEKOTENG
Sekoteng minuman yang berasal dari Jawa Tengah dengan rasa jahe yang khas. Pada wedang sekoteng dicampurkan bahan, seperti kacang tanah, kacang hijau, potongan roti, dan pacar cina. Wedang ini enak dihidangkan dalam kondisi panas, sehingga dapat ‘nyokot weteng’ pada bahasa Jawa yang artinya ‘menggigit perut’. Sekoteng ini terdapat manfaatnya untuk tubuh yaitu dapat meringankan pusing, mengurangi rasa nyeri saat menstruasi, mencegah morning sickness (sering terjadi saat diawal masa kehamilan), meringankan osteoporosis, mual dan muntah pasca operasi.
-
  1. SUSU JAHE MERAH
Susu jahe merah minuman yang sangat familiar di tengah pandemi covid-19, masyarakat Indonesia berburu minuman ini. Biasanya susu jahe merah dapat ditemukan pada sore hingga malam hari di pinggir jalan. Jenis minuman susu jahe merah berbahan jahe dan susu. Susu pada minuman ini bukanlah susu kental manis, melainkan susu organik / susu sapi murni. Terdapat manfaat susu jahe merah bagi kesehatan yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker, menjaga otot dan sendi, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.
-
  1. BANDREK
Bandrek minuman asal Jawa Barat. Minuman ini terbuat dari campuran rempah-rempah seperti cengkeh, pala, dan gula aren. Dilansir oleh tribunnews wiki konon katanya rempah-rempah pada bandrek ini memiliki nilai yang berharga karena kehangatan di dalamnya. Di era zaman eropa melakukan barter senjata dan perhiasan dengan rempah-rempah. Pada abad 10 s.d 20 keberadaan rempah-rempah berkurang dan digantikan dengan kopi, teh, dan gula. Sehinga kopi menjadi primadona saat ini, tetapi para pedagang bandrek tetap berinovasi agar minuman ini tak dilupakan oleh masyarakat. Berikut macam-macam bandrek : original bandrek, bandrek susu, bandrek susu telur, dan kopi bandrek. Minuman bandrek ini enak disajikan saat cuaca dingin seperti saat ini, dapat memberikan efek pada kehangatan tubuh. Bahan utama pada bandrek, yaitu jahe dan gula merah. Biasanya bandrek dapat disajikan bersamaan dengan kelapa, sehingga menambah citarasa pada bandrek tersebut.
-
  1. WEDANG KACANG
Wedang kacang minuman khas magelang yang mempunyai rasa unik di dalamnya. Minuman ini terbuat dari kuah jahe, kacang tanah yang direbus, gula jawa, dan gula pasir. Serta disajikan bersamaan di dalam mangkok dengan ketan. Citarasa dalam wedang ini dapat membuat lidah bergoyang, tubuh merasa hangat, perut pun juga merasa kenyang. Di tengah musim hujan seperti ini harus mengonsumsi minuman  yang dapat menjaga stamina tubuh dan tidak mudah sakit atau lelah, cocok sekali wedang kacang ini andalannya.
-
Itulah 4 jenis minuman yang cocok untuk disruput saat musim hujan. Jangan lupa jaga kesehatannya!  (Antania Hanjani)

Editor: Wartawan Online

Terkini

KULINER INDONESIA YANG MENDUNIA

Selasa, 15 Desember 2020 | 20:00 WIB

JAKARTA COFFEE WEEK 2020 DIGELAR SECARA DARING.

Kamis, 3 Desember 2020 | 20:23 WIB

MENGENAL ASAL USUL RACIKAN KOPI JOSS YOGYAKARTA

Selasa, 24 November 2020 | 19:32 WIB

SEDAPNYA NASI GORENG KUAH MANG NDUT

Senin, 23 November 2020 | 19:51 WIB

Sushi Homemade, Bisnis Yang Mudah dan Menyehatkan

Senin, 23 November 2020 | 19:00 WIB

Asinan Bogor Yang Menyegarkan

Senin, 23 November 2020 | 18:56 WIB

Makanan Diet Dari Vietnam

Minggu, 15 November 2020 | 20:39 WIB

BUBUR HAYAM KOTABARU KULINER HITS DI YOGYAKARTA

Kamis, 12 November 2020 | 20:29 WIB

Pangsit Goreng Depok

Rabu, 11 November 2020 | 20:17 WIB

Bakso Aci Bandung

Minggu, 8 November 2020 | 22:11 WIB

Burger Rambut Nenek Buatan Lokal

Jumat, 6 November 2020 | 20:01 WIB
X